Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga

Bidang Keluarga Sejahtera mempunyai tugas melaksanakan dan mengendalikan penyelenggaraan program keluarga sejahtera dan pemberdayaan keluarga. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud bidang keluarga sejahtera membawahi 3 ( tiga ) sub bidang :

  1. Sub Bidang Pemberdayaan Keluarga Sejahtera.
  2. Sub Bidang Bina Ketahanan Keluarga, Balita, Anak dan Lansia
  3. Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja

1. Sub Bidang Pemberdayaan Keluarga Sejahtera  

Upaya yang dilakukan untuk Sub Bidang ini melalui kegiatan pokok :

- Pemberdayaan Keluarga Sejahtera antara lain melalui :

1.    Pembentukan Kelompok UPPKS.

Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan keluarga Sejahtera (UPPKS) merupakan kelompok beranggotakan keluarga Pra Sejahtera dan KS I yang melakukan usaha ekonomi produktif yang berkaitan dalam ruang lingkup agrobisnis dan agroindustri atau industri kecil bagi keluarga dalam rangka peningkatan tahapan keluarga.

Sejak tahun 2006 sampai sekarang Kelompok UPPKS Kabupaten Musi Rawas setiap tahun selalu mendapat undangan untuk berpartisipasi dalam Gelar Dagang Produk UPPKS Unggulan Pada Kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional mewakili Provinsi Sumatera Selatan.

 

2. Sub Bidang Bina Ketahanan Keluarga, Balita, Anak dan Lansia

Upaya yang dilakukan untuk Sub Bidang ini melalui kegiatan pokok :

1.    Bina Keluarga Balita  ( BKB ) :

Kegiatan yang dilakukan oleh keluarga yang memiliki anak balita untuk memahami dan membina kondisi serta masalah balita guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dan anggota keluarga dalam membina tumbuh kembang anak melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, emosional dan sosial ekonomi untuk mengembangkan fungsi pendidikan, sosial dan kasih sayang dalam keluarga.

Upaya pembinaan Bina Keluarga Balita :

  1. Pelatihan bagi pengurus dan kader BKB.
  2. Pemberian BKB kit pada kelompok-kelompok BKB
  3. Pemberian Alat Permainan Edukatif (APE) pada kelompok-kelompok BKB
  4. Lomba kelompok BKB.

2..  Bina Keluarga Lansia ( BKL ) :

Bina Keluarga Lansia (BKL) adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan keluarga lanjut usia, dalam meningkatkan kesejahteraan lanjut usia untuk lebih bertaqwa kepada Tuhan yang  Maha Esa, hidup sehat, mandiri produktif dan bermanfaat bagi lingkungan.

 

3. Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja

Upaya yang dilakukan untuk Sub Bidang ini melalui kegiatan pokok :

1.    Bina Keluarga Remaja ( BKR ) :

Bina Keluarga Remaja ( BKR ) adalah kegiatan penyuluhan kepada sekelompok keluarga yang mempunyai anak remaja dan remaja melalui pertemuan secara berkala yang dilakukan oleh fasilitator/motivator/kader dari tenaga masyarakat yang telah mendapat pelatihan BKR dan bersedia bekerja secara sukarela dengan pembinaan dari pemerintah/swasta untuk meningkatkan bimbingan/pembinaan tumbuh kembang anak remaja secara baik dan terarah dalam rangka membangun keluarga berkualitas.